Wednesday, June 03, 2009

Tropical Ecology, Conservation Biology dan Tropical Plant Sciences

Sekarang saya kebetulan sekali lagi ngambil Tropical Ecology di JCU
itu sesuai basic minat saya di ekologi tumbuhan.

Mmm sistem pembelajaran; di Australi, rata-rata ada 2 sistem, yang coursework sama yang by research.

Yang Master by coursework itu di JCU gelarnya jadi M.App.Sc (Master of Applied Science), n sebagian besar waktunya diabisin dengan kuliah, praktikum n assignments, terutama di 2 semester awal. Oh iya, untuk program ini, waktu belajarnya hanya 1,5 tahun. N maksimum 4 mata kuliah per semesternya, mengingat begitu banyaknya volume tugas n praktikum...ada kesempatan ambil kuliah intensif untuk subject2 tertentu juga di semester pendek (pas liburan semester-an...samalah kayak di Indo )

Tapi jangan khawatir bakal gak dapat jatah untuk riset, karena program ini juga nyediain kesempatan untuk ngambil minor project yang setara dengan penelitian, untuk bikin minor thesis.
Untuk saya yang ngambil program ini, ada keuntungan untuk me-refresh n nambahin (banyak sekali) pengetahuan baru lewat kuliah n assignment, sama kemampuan untuk bikin tulisan ilmiah.....
Yang jelas kita dapat kesempatan banyak untuk berinteraksi dengan dosen2 n staf lain plus dengan teman2 int'l lain.

Nah kalo yang kedua, yang Master by research, bakal dapat jatah beasiswa 2 tahun n keluarnya bakal dapat gelar M.Sc. Yang ini dari awal kesannya "dibiarin sendiri", meskipun kita bisa konsultasi terus sama supervisor kita.
Yang saya tahu, teman2 yang ambil program ini biasanya datang ngebawa proposal, yang bakal disempurnain di sini dengan tambahan semacam literature review, dengan masukan dari supervisor.
Tidak perlu kuliah mata kuliah tertentu, kecuali dirasa bakal mendukung proposal dan research kita. Misalnya ada masalah statistik yang butuh kuliah mendalam, atau bidang2 tertentu yang perlu diperdalam kemampuannya, sekali lagi, itu juga atas saran supervisor.
Abis itu bakal dapat jatah seminar proposal, terus ngambil data dan menulis thesis n diseminarin lagi. Bedanya, kalo program yang terakhir ini, biasanya gelarnya baru keluar setelah perbaikan thesisnya selesai, beda dengan program pertama yang langsung pulang dengan gelar dah di tangan.

Nah soal bidang minat, jangan takut deh. Di sini semua bisa dikonsultasi-in dengan academic advicer (masing-masing bakal dapat satu, yang perhatiaaaaannn banget).
Kebetulan basic S1 saya dulu tentang amfibi dan lingkungan, bidang kerja saya di kantor di Konservasi Sumberdaya Hutan, terus minat saya selain di konservasi umum n ekologi, juga sekarang malah menuju ke konservasi tumbuhan.
Dan keliatannya bakal ngambil minor research tentang ekologi populasi jenis tumbuhan tertentu...... mungkin hehehe, soalnya masih mo dikonsultasikan lagi

Nah waktu pertama milih, saya punya 3 bidang minat; Tropical Ecology, Conservation Biology sama Tropical Plant Sciences. Sampai sini saya jadinya tetap di Tropical Ecology, tapi interestnya bisa ke plant....
Bidang khusus Botany atau Microbiology bisa juga, nanti dikonsultasiin sama academic advicernya, pasti dibantuin nyari mata kuliah yang sesuai minat kita...ke minor researchnya juga bisa....

3 comments:

pbUtami said...

mbk,,, saya minta email mbk dong. saya mau tanya2 soalny,,

pbUtami said...

terima kasiiih ^^

Unknown said...

sama, saya juga mau email mbak ya, tlg kirim ke ahmadtaufiq.herb@gmail.com ya mbak, please...,