Wednesday, December 27, 2006

Travel Jakarta/Denpasar-Townsville


  • Ntar itinerary-nya mohon kasih tahu ke contacts PPIA dan AusAID ALO agar bisa di-arrange penjemputannya..


  • biasanya students baru cenderung merasa 'safe' jika ngantri di CUSTOM untuk declare barang bawaan.. just beware, antriannya biasanya cukup panjang dan bisa take time 2 jam (dari lapor imigrasi sampe Custom, di Sydney airport), jadi kalo masih bisa, tawar-tawar aja ke ADS, minta yang transit di Sydney nya 3-4 jam, kalo 2 jam bisa miss next flight, tentunya jadi kerepotan ngasih khabar ke kita bahwa akan datang terlambat.. atau utk menyingkat waktu custom, barang2 yang siap declare pisahkan dalam satu hand bag/space tas, trus kalo petugasnya tanya "what is in the other bags?" kasih mereka kata-kata yang meyakinkan bahwa kita udah prepared tas khusus utk semua yang di declare trus kalo perlu sambil describe barang yang mungkin meragukan (biasanya kalo gini petugasnya juga seneng, nunjukin kita aware dan appreciate ama rule mereka).. soalnya pernah kejadian karena kita 'pasang' wajah 'meragukan' trus semua tas deh dibongkar, yaaaa missed flight..
  • kalo ntar miss flight, jangan nervous ya.. contact PPIA/International Student office (so.. siapin handy details contact mereka)
  • so dari sekarang SIM card hp nya e.g. Simpati, mentari dsb, disetting untuk roaming. Untuk pengguna Simpati silahkan dateng ke GRA PARI utk register HP kita ke, mnta supaya bisa dipakai di Australia. Ntar nyampe Australia, hp nya jadi udah ready.


  • kalo tiba-tiba hp nya rewel..utk khabari delay ke kita:


    1. di Sydney tanya Security/information center minta ditunjukkan mana "internet corner/spot", kalo orangnya gak ngerti juga selalu berusaha describe problem dan keinginan kita dengan jelas (pssst orang Australian sini kadang gak butuh "speak clearly" tapi "speak loudly" ) biasanya sih mereka suka nanya kita dari mana trus dibawalah kita ke security (misal) who can speak Indonesian .. so problem apa pun "help will be always there", jangan panic yaa. kalo udah masuk milis, semua PPIA-ers bakalan baca! kabari kami 'status' kalian.
    2. sampe Brisbane, bisa telp coin:
      • International Student Office/Alex Salvador/Cinzia/Katherina: 4781 5766 atau contacts PPIA (so siapin/simpan handy nomor kenalan di PPIA)
      • pake telp coin nya juga jangan panic : angkat dulu gagang telponnya baru masukin coinnya: 20 cent cukup.. cara dapetin coin, bisa jajan dulu trus terus terang minta kembalian coin bilang aja untuk telpon.. atau pergi ke "Travelex" untuk tukar uang ke petugasnya..


Happy travelling...

2 comments:

goestaf said...

kayaknya harus minta sponsor Telkomsel untuk info ini nih... hehehe

Dian Latifah said...

asyik juga yaa.. survival kit plus komentar LIVE hehe.. more more than a book..