Wednesday, December 27, 2006

FAQ's - Akomodasi

1. Pertimbangan memilih akomodasi
jujur, sebagai awal aku lebih senang tinggal bersama keluarga (homestay)
Iya nih, yang kita siapkan emang yang homestay, yang ada landlordnya, jadi bisa practise bahasa Inggris juga..
karena bayanganku tidak akan terlalu repot karena banyak hal sudah tersedia
Iya, kita pilihin yang ‘furnished’ (sudah ada perlengkapannya), namun harus aware, biasanya kamar mandi dan dapur itu share ama anak kost lain atau share ama Landlord/Landlady.
dibandingkan apabila tinggal diasrama atau kontrak.
Asrama di sini “furnished” juga kok.. kalau “kontrak” ada yang “furnished” ada yang “unfurnished” tapi berdasarkan pengalaman kita semua di sini gak susah cari barang yang secondhand utk ngisi rumah banyak yang murah bahkan gratisan dan kondisii nya masih bagus
tapi, ini hal penting juga yang aku mau tahu.

2. Ditempat yang sudah kubooking itu, sewa yang diberikan mencakup fasilitasi apa aja ya ?
furnished”, $75/week, gak ada AC, kipas angin ada, tapi ntar kalo mo pasang AC juga boleh, ntar jadi dinaikin jadi $85/week (harga umum pasaran kok, gak mahal), TV nonton bareng ama land lord tapi kalo mo beli yang secondhand banyak juga kok..

3. Apakah mereka terapkan aturan tertentu (jam malam atau batasan pemakaian alat2 elektronik tertentu untuk penyewa kamar?
Gak ada, elektronik bebas pake aja, hampir semua homestay di sini, harganya udah include bayar listrik

4. Apakah ada free kabel tuk kita, mba?
Kabel apa ya? Kalo colokan ada, kalo kabel2 utk electronical appliances yang kita punya sih beli sendiri

5. Keluarga ini kiranya sudah sering menerima kedatangan mahasiswa asing, yang mau aku tanya mereka terbiasa dengan mahasiswa dari beragam latar belakang budaya atau selama ini si landlord hanya punya anak2 kos dari indo aja?
Udah biasa menerima international students, tenang aja..

6. Sekarang ini ada berapa banyak anak kos yg tinggal bersama keluarga di tempat mba Di, mereka berasal dari mana ?

7. Landlord ini punya peran terbatas atau luas ? maksudnya apakah dia hanya exixt sebagai penyewa dan punya hub yg biasa dgn anak2 kostnya atau landlord ini punya peran lain sbg ibu dari anak2 kostnya dan menjadikan anak kost sebagai bagian dari keluarga yang sesungguhnya ?
Semua tempat yang kita pilih, keluarga Philippina, emang banyak orang Philipina yang punya usaha kost-kostan di sini, kalo pingin dapet keluarga Australian, tunggu 3-6 bulan dulu deh abis itu cari2 sendiri ntar tempat kost lainnya.. kalo keluarga Asia ya kita gak terlalu Cultural Shock, kalo keluarga Australian yaa siap-siap Cultural Shock hehe.. di sini orang terbiasa “individualism” jadi gak terlalu menganggap kita keluarga banget, cukup hubungan pemilik rumah dan anak kost..

8. Keuntungan yang mba Di peroleh selama tinggal di tempat ini apa aja (selain dekat dgn shopping mall, bus stop, practise english) ?
ini aja sudah cukup sebagai suatu keuntungan, namanya di negeri orang, keuntungan dan kerugian selalu berimbang dimana pun kita berada, selalu ada problem, namanya juga hidup, tapi karena kita sudah dewasa, bukan anak S1 lagi, hendaknya menerima lapang dada keuntungan-kerugian dan problem sebagai bagian utk memperkaya pengalaman hidup, kalo gak kerasin terus pindah ‘kan adaptasi lagi, aku paling males kalo harus adaptasi lagi, takes time dan,
sudah berapa lama mba?
Aku pertama datang maunya tinggal sendiri, dan ama orang Australian, jadi pertama datang, 2 minggu numpang dulu di rumah student Indonesia, baru cari tempat tinggal sendiri, aku pilih Granny Flat dan ama orang Australian landlord/landladynya, hmmmm kebetulannya aku sakit, dan bahasa Inggris gak improve karena tinggal sendiri, dan landlord Australian-nya cukup “individualis” (teman-teman lain, apa ya istilahnya?) sedih loo sakit di negeri orang dan tinggal sendirian pula, so aku cuma tinggal 9 bulan, trus pindah ke yang banyak anak kostnya dan ada orang Indonesianya, biar gak terlalu sedih kalo sakit.. the rest and the last aku tinggal di sini.. dan balik lagi ke sini..

9. Apakah ada pertimbangan yang signifikan antara tinggal di asrama kampus dengan kost bersama keluarga ?
dimana pun ada kekurangan dan kelebihan, dimana pun ada problem, so, pertimbangan yang significant,
Asrama kampus: enak sih deket kampus, mahal bisa sampe hampir $200/week, tapi mo belanja jauh, harus pake bus

10. Btw, si landlornya itu single / married / punya anak / and usianya berapa?

11. Kalau nggak keberatan, aku mau dengar cerita mba Di mengenai tempat tinggal yang sedang dihuni sekarang ini, bukan hanya dari segi positif value, tapi dari segi kekurangan yg dirasakan selama ini, boleh donk berbagi ya....
Kekurangan: repot ganti2 teman kost mlulu, padahal belum tentu mereka nih ngerti kebersihan, jadi problemnya cuma di seputar berlapang dada aku harus bersih2 melulu.. hmmm padahal udah ada roaster..

No comments: