Wednesday, December 27, 2006

Transportasi

TIPS:
-siapkan SIM dari Indonesia (sekaligus untuk suami/istri Anda)

Nah…ini dia yang harus diingat baek-baek!!! Public transport di Townsville hanya BUS…! Itupun dengan route terbatas dengan harga yang tidak murah. Nah alternativenya: pake mobil atau sepeda. Motor gak umum n mahal bok..! Untuk yang berkeluarga biasanya memilih membeli mobil, yang single biasanya pilih bersepeda. Bagi yang gak bisa nyetir yah…terpaksa harus belajar nyetir. Sebaiknya bagi yang belum nyetir, selagi di Indonesia belajar nyetir deh!! Dan jangan lupa bawa SIM A anda. Di sini kita bisa menggunakan SIM Indonesia. Nah…bagi yang tidak bisa nyetir, doesn’t matter, tetap lah berusaha tuk punya SIM (nembak maksudnya…hahaha! Sorry ngajarin dijalan yang salah!) soalnya suatu waktu anda bisa saja diharuskan bisa nyetir (misalnya klo nyari kerja!) dan harus belajar nyetir disini. Banyak kok yang begitu….

--SIM, karena sistem driving kita sama dg Australia, jadi asal begitu sampe sini di translate, SIM kita akan berlaku juga di sini..; kalo sempet belajar nyetir--sempetin pliis.. kalo gak sempet, bisa belajar di sini tapi SIM nya harus punya ya..

--transportasi: banyak juga yang pake sepeda, tapi kalo yang gampang kecapekan bisa naik bus atau punya mobil sendiri; karena jadwal bus nya jarang dan trayek/route coverage nya kurang luas; keuntungan mobil sendiri bisa utk 'kerja part time'.. mengingat problem transportasi.. bagi yg punya suami dan ntar akan jadi dependant bagus juga utk dipertimbangkan..

--mobil secondhand; kisaran harganya rata-rata 1000-3000 tergantung ada road worthy nya atau tidak, ada rego-nya atau tidak; boleh dimiliki bersama (iuran); cara ngedapetinnya: dari advertisement board atau newspaper atau dari temen2 PPIA yang mau pulang for good/sudah selesai study

kontributor: Ghita, Dian

No comments: